Okti Sulistian Sari Pejuang Sejati

Okti Sulistian Sari Pejuang Sejati 


Gadis mungil yang mempunyai nama lengkap Okti Sulistian Sari ini adalah  siswi dari sekolah favorid di Yogyakarta. Siswi MAN Yogyakarta 1 ini mempunyai segudang prestasi, antara lain: juara 1 Karate tingkat DIY dan juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat DIY di UII. Sebelum menjadi siswi dari madrasah tersebut, Okti sudah mempunyai prestasi yang luar biasa. Mulai dari juara 3 Pidato Bahasa Inggris tingkat DIY, juara 3 Karate tingkat DIY, juara 2 Pidato Bahasa Arab tingkat DIY, juara 2 LKTI tingkat DIY, dan juara harapan 1 Karate tingkat regional Jawa-Bali yang didapat pada saat menjadi siswi MTsN Bantul.

Bukan pejuang sejati jika Prestasi yang  Okti Sulistian Sari dapat diraih dengan fasilitas yang melimpah. Okti berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. "Waktu masih MTs, bapak kerja jadi buruh bangunan dan ibu buka warung. Tapi sekarang bapak tidak kerja, hanya bantu ibu di warung," ujar siswa kelas X IPS 2 MAN Yogyakarta 1, Senin (09/01).

Keterbatasan  tidak menyurutkan semangat Okti Sulistian Sari untuk belajar dan berjuang untuk menggapai cita-citanya. Jarak yang jauh dari rumah neneknya ke madrasah sepanjang 15 km ditempuhnya dengan mengayuh sepeda. Rute yang dilalui oleh Okti termasuk jalur padat yaitu Yogya - Magelang yang membelah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Setiap hari Okti Sulistian Sari  menempuh waktu 90 menit untuk perjalanan pulang pergi. Okti tinggal bersama neneknya di Magelang karena perjalanan dari Magelang lebih dekat daripada dari rumahnya di Bantul.  Agar perjalanan bersepeda tidak terlalu jauh, Okti pernah tinggal di pesantren di dekat madrasah. Namun, ia tak lama di pesantren itu karena tidak memiliki biaya untuk tinggal dan makan. 

Kepala MAN Yogyakarta 1 Wiranto menilai Okti Sulistian Sari sebagai siswi dengan semangat luar biasa. Menurutnya, sepeda yang digunakan Okti awalnya jauh dari kenyamanan. Selain sudah berkarat, dudukan sadel sobek dan banyak tali yang mengikat bagian-bagian sepeda. Karena prestasi dan perjuanganya, pihak madrasah berinisiatif memberikan hadiah sepeda baru bagi Okti.

Perasaan senang dan haru tampak pada gadis mungil ini. Puji syukur dihaturkan Okti Sulistian Sari karena menurutnya hadiah ini sangat bermanfaat baginya. Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY Edhie Gunawan berharap Okti terus mengukir prestasi hingga menginspirasi siswa lainnya, bahwa kesuksesan tidak selamanya harus dengan fasilitas melimpah.

Selamat ya Okti Sulistian Sari, dapat hadiah sepeda baru. Tetap jadi pejuang sejati yang menginspirasi 

0 komentar: