Bisnis Sampingan PPG


    Pendidikan profesi guru adalah pendidikan model berasrama yang dilaksanakan secara terpadu di LPTK penyelenggara. Lingkungan berasrama yang tertib dan disiplin, menyebabkan mobilitas kita sebagai remaja menjadi agak terganggu. Adanya jam besuk, jam bertamu, jam makan dan jam belajar menyebabkan kesempatan kita untuk berekspresi menjadi berkurang. Cara hidub yang toleran diasrama mewajibkan kita harus bisa menjadi pribadi yang kuat sekaligus bisa menempatkan diri dengan lingkungan. Asrama akan menghasilkan manusia yang sosialis, karena didalamnya terdapat bermacam macam suku bangsa dan kita harus bisa menjadi satu keluarga. Teman  PPG adalah keluarga kita dalam menjalani hidub di asrama. Mereka yang akan menjadi tumpuan hidub kita pada saat terjatuh dan akan menjadi tangan kita selagi terluka. Ketika kita ada kebutuhan mendadak ataupun yang pokok, kita membutuhkan teman yang saling membantu dan mengisi.
    Pelaksanakan Pendidikan Profesi akan banyak menguras tenaga dan pikiran . Mobilitas yang sangat padat akan melelahkan dan membuat kita menjadi gampang bosan dan  kebosanan yang kita alami akan hilang jika kita selingi dengan hal hal yang menyenagkan. Banyak sekali hal hal menyenangkan yang bisa dimanfaatkan di asrama. Dari macam macam kegiatan yang ada, Libur akhir minggu  adalah hal yang paling ditunggu para mahasiswa PPG, maklum hanya diberi waktu dua hari dalam sebulan. Ketika libur kebanyakan mereka memanfaatkan waktu dengan cara mengunjungi keluarga atau kekasih. Waktu yang mereka rasakan di luar asrama sangatlah sebentar dan terbatas.
PPG bukan selamanya kita terkungkung dalam suatu tempat yang terbatas, karena pada hakikatnya kita adalah masyarakat social yang harus berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung dengan dunia luar. Namun keterbatasan itulah yang akan menjadi berkah bagi orang orang yang mempunyai jiwa bisnis yang baik. Adanya keterbatasan ruang dan waktu akan menyebabkan prospek usaha kita sangatlah menjanjikan karena pesaing hanya terjadi diantara teman-teman kita dan prosentasenya sangatlah sedikit.
Siapa bilang kalau PPG tidak bisa wiraswasta, pengalaman membuktikan bahwa PPG akan membuka link kita semakin luas, share ilmu lebih beragam dan yang penting adalah akan menghubungkan dengan system kekerabatan yang lebih baik karena hasil saling komunikasi. Kurangnya waktu untuk membuka sesuatu yang riel dalam PPG dapat diakali dengan memanfaatkan dunia teknologi yang sangat pesat perkembanganya saat ini. Usaha yang sangat relevan adalah usaha yang berkaitan dengan dunia maya, namun tidak memungkinkan bahwa usaha riel juga ternyata sangat menjanjikan di Asrama PPG.
Usaha adalah bagian dari ikhtiar hidub dalam mencari rezeki, jadi jangan pernah malu dalam mencari rejeki semasa rejeki itu halal. Dalam membuka usaha di PPG juga harus mengedepankan kekeluargaan karena yang menjadi prospek kita adalah teman-teman sendiri. Berikut ini adalah macam macam usaha yang bisa dilakukuan di asrama PPG.
1.    Pulsa dan Data
Pulsa merupakan kebutuhan utama anak asrama, keterbatasan dalam mendapatkan informasi akan disiasati dengan menggunakan HP yang nota bane membutuhkan pulsa dan kartu perdana Data.
2.    Tiketing
Tiketing adalah usaha yang usaha yang sangat familiar dan dicari di kehidupan asrama PPG, melihat banyaknya mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mobilitasnya membutuhkan tiket.
3.    Bloging
bloging adalah salah satu langkah yang paling realistis dilakukan di asrama, internet yang baik akan menjadikan kita semakin banyak menulis dan melakukan bloging. Dengan bloging kita tidak hanya mendapatkan ilmu namun uang juga.
4.    Rental Motor dan Mobil
Sebagian LPTK mengijinkan bagi mahasiswanya untuk membawa kendaraan pribadi, namun banyak peserta yang rumahnya jauh tidak membawa kendaraan  dan menyebabkan banyaknya kebutuhan .
5.    Makanan Ringan
Makanan ringan merupakan usaha favorit dalam asrama PPG, kebutuhan akan cemilan menurut orang jawa sangat besar, itu dikarenakan rutinitas yang padat akan menyebabkan keinginan untuk makan meningkat.
6.    Angkringan
Walaupun makan di sediakan asrama namun bisnis ini sealu jadi primadona karena sekarang angkringan menjadi salah satu  sarana buat sosialisasi.
7.    Reseler Buku
walaupun sarana kemajuan digital sudah sangat tinggi namun buku masih menjadi rujukan utama dalam bacaan mahasiswa, reseler buku akan menjadi pilihan yang tepat dalam meniti usaha pada saat PPG.
8.    Fotografer
Selain sebagai hobi, fotografi merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan pada saat PPG, hanya skil dan kamera yang dibutuhkan dalam usaha ini.
9.    Servis Computer
Bisnis ini bisa dilakukan pada saat PPG karena tidak membutuhkan tempat ruang dan waktu yang banyak, namun hanya skill dan alat yang lengkap
10.    MLM
Multi Level Marketing masih banyak dilakukan di asrama PPG, namun kalau usaha ini tidak direkomendasikan oleh penulis.
Dari bermacam macam bisnis yang bisa dilakukan pada saat PPG kita juga harus memperhatikan prospek yang ada. Masing masing tempat memiliki prospek yang berbeda tergantung struktur demografi mahasiswa yang berbeda. Yang harus digarus bawahi adalah karena bisnis dengan keluarga harus dengan cara kekeluargaan dan tariff keluarga.



       
   



1 komentar:

Anggi Perdana said...

Mantap boy,,,rutin uplosd srtikel ben muncul neh adsense