contoh evaluasi k13



Lampiran Instrumen Penilaian

LAMPIRAN
LAMPIRAN 1A

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)


A.  Lembar Observasi

LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                   : IX
Semester                             : 2 (dua)
Tahun Pelajaran                  : 2015
Periode Pengamatan                        : Tanggal ……. s.d. .......
Butir Nilai                           : Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Indikator Sikap                   :
1.    Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
2.    Mengucapkan salam pada awal dan akhir pelajaran
3.    Bersyukur atas nikmat karunia Tuhan Yang Maha Esa

4 =  apabila SELALU, maka melakukan 6-7 kali aspek yang diamati
3 =  apabila SERING, maka melakukan 4-5 kali aspek yang diamati       
2 =  apabila KADANG-KADANG, maka melakukan 2-3 kali aspek yang diamati
1 =  apabila TIDAK PERNAH, maka melakukan 0-1 kali aspek yang diamati


No.

NamaPeserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual
 (1 – 4)
Jumlah Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
       1.             







       2.             







       3.             
Dst.







..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,









LAMPIRAN 1B

PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR SIKAP SPIRITUAL

1.   Rumus Penghitungan Skor

Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x4
Skor Maksimal

Skor Maksimal= Banyaknya Indikator x 4

2.    Kriteria ketuntasan belajar: 3,00 (B)

3.   Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun 2014 yaitu:

Sangat Baik (SB)     : apabila memperoleh Skor Akhir:  4,00
Baik (B)                  : apabila memperoleh Skor Akhir:  3,00
Cukup (C)               : apabila memperoleh Skor Akhir:  2,00
Kurang (K)              : apabila memperoleh  SkorAkhir:  1,00










LAMPIRAN 2A
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.  Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI 1

Kelas                                   : IX
Semester                             : 2 (dua)
TahunPelajaran                   : 2015
Periode Pengamatan                        : Tanggal ……s.d. .......
Butir Nilai                           : Toleransi
Indikator Sikap                   :
1.      Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
2.      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
3.      Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain

4 =  apabila SELALU, maka melakukan 6-7 kali aspek yang diamati
3 =  apabila SERING, maka melakukan 4-5 kali aspek yang diamati        
2 =  apabila KADANG-KADANG, maka melakukan 2-3 kali aspek yang diamati
1 =  apabila TIDAK PERNAH, maka melakukan 0-1 kali aspek yang diamati

No.

NamaPeserta Didik
Skor Indikator Sikap Toleransi
 (1 – 4)
Jumlah Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas

Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3



      1.             







      2.             







      3.             







      4.             







      5.             







      6.             







      7.             







      8.             







      9.             







  10.             
Dst..

















..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,







LAMPIRAN 2B

PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR NILAI SIKAP SOSIAL

1.   Rumus Penghitungan Skor Akhir

Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x4
Skor Maksimal

Skor Maksimal= Banyaknya Indikator x 4

2.    Kriteria ketuntasan belajar: 3,00 (B)

3.   Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun 2014 yaitu:

Sangat Baik (SB)     : apabila memperoleh Skor Akhir: 4,00
Baik (B)                  : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,00
Cukup (C)               : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,00
Kurang (K)              : apabila memperoleh  SkorAkhir: 1,00




























LAMPIRAN 3A
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

A.     Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI 1

Kelas                                   : IX
Semester                             : 2 (dua)
TahunPelajaran                   : 2015
Periode Pengamatan                        : Tanggal ……s.d. .......
Butir Nilai                           : Tanggung jawab
Indikator Sikap                   :
1.       Melaksanakan tugas individu dengan baik
2.       Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3.       Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

4 =  apabila SELALU, maka melakukan 6-7 kali aspek yang diamati
3 =  apabila SERING, maka melakukan 4-5 kali aspek yang diamati        
2 =  apabila KADANG-KADANG, maka melakukan 2-3 kali aspek yang diamati
1 =  apabila TIDAK PERNAH, maka melakukan 0-1 kali aspek yang diamati

No.

NamaPeserta Didik
Skor Indikator Sikap Disiplin
 (1 – 4)
Jumlah Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas

Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3



1.







2.







3.







4.







5.







6.
Dst..

















..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,










LAMPIRAN 3B

PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR NILAI SIKAP SOSIAL

1.   Rumus Penghitungan Skor Akhir

Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x4
Skor Maksimal

Skor Maksimal= Banyaknya Indikator x 4

2.    Kriteria ketuntasan belajar: 3,00 (B)

3.   Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun 2014 yaitu:

Sangat Baik (SB)     : apabila memperoleh Skor Akhir: 4,00
Baik (B)                  : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,00
Cukup (C)               : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,00
Kurang (K)              : apabila memperoleh  SkorAkhir: 1,00




























LAMPIRAN 4

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(DAFTAR PERTANYAAN)

A.  Petunjuk Pengisian

Kerjakan soal-soal di bawah dengan benar. Jawaban Anda akan mendapatkan skor 0 sampai 4, dengan ketentuan sebagai berikut:
1.      Skor terendah adalah 0, yaitu apabila tidak ada satu pun jawaban yang benar
2.      Skor tertinggi adalah 4, yaitu apabila semua jawaban benar
3.      Setiap jawaban akan mendapatkan skor sesuai dengan kadar jawabannya
                                                                         
B.   Soal
a.      Uji Kompetensi 1.1
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Dimanakah terjadinya peristiwa APRA?
2. Strategi apakah yang digunakan untuk menumpas DI/TII?
3. Berapakah operasi militer yang digunakan pemerintah dalam penumpasan PRRI/Permesta?
4. Apakah penyebab munculnya gerakan separatis pada masa demokrasi liberal?
5. Bagaimanakah perjuangan mempertahankan integrasi Timor Timur dengan Indonesia?
6. Nilai nilai apa saja yang ada dalam perjuangan mempertahankan NKRI?

Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
Uji Kompetensi 1.1               

No Soal
Jawaban 
Skor
1.
Terjadinya peristiwa APRA

Di Bandung
10
2.
Strategi penumpasan DI/TII

Strategi pagar betis
10
      3. 
Operasi militer penumpasan PRRI/Permesta

Terdapat enam operasi militer
10
4.       
Penyebab munculnya gerakan separatis pada masa demokrasi liberal

Banyaknya partai politik yang beroposisi kemudian saling menjatuhkan
15
5.       
Perjuangan mempertahankan integrasi Timor Timur dengan Indonesia

Perjuangan yang dilakukan Indonesia adalah dengan mengadakan program pembangunan sarana dan prasarana di Timor Timur
20
6.       
Nilai yang muncul dalam perjuangan mempertahankan NKRI yaitu nilai :
a.  Nilai material : Yaitu dengan cara kita menjaga kesehatan dan fisik agar dapat berguna bagi bangsa dan negara. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menjaga kesehatan serta nurani kita agar siap dalam menghadapi segala gangguan ancaman yang datang dari dalam atau luar negeri.
b.Nilai Vital :Yaitu dengan cara mengambil sikap pratiotisme para pahlawan ,semangat para pahlawan dan Negara dalam bela Negara Indonesia. Hal itu dapat dilakukan dengan ikut berpartisipasi langsung dalam perjuangan Negara Indonesia. Salah satu sikap yang bias diwujutkan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan cara ikut menjadi angota Tentara Nasional Indonesia , atau dengan cara berjuang dengan cara kita sendiri untuk mengabdi dan berjuang demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.
c. Nilai kerohanian : yaitu dengan cara kita bersyukur atas karunia yang diberikan tuhan yang maha esa atas karunia yang diberikan kepada Indonesia, sehingga bisa menghadapi tantangan yang ada di Indonesia samapai saat ini .

35


a.    Pedoman Penskoran
Total Skor      

b.    Kriteria ketuntasan belajar: 2,67

c.       Kategori nilai pengetahuan peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun  2014 yaitu:
A     : Apabila memperoleh skor akhir 3,85 > x ≥ 4,00
A-       : Apabila memperoleh skor akhir 3,51 > x ≥ 3,84
B+   : Apabila memperolah skor akhir 3,18 > x ≥ 3,50
B     : Apabila memperoleh skor akhir 2,85 > x ≥ 3,17
B-    : Apabila memperoleh skor akhir 2,51 > x ≥ 2,84
C+   : Apabila memperoleh skor akhir 2,18 > x ≥ 2,50
C     : Apabila memperoleh skor akhir 1,85 > x ≥ 2,17
C-    : Apabila memperoleh skor akhir 1,51 > x ≥ 1,84
D+   : Apabila memperoleh skor akhir 1,18> x ≥ 1,50
D     : Apabila memperoleh skor akhir 1,00 > x ≥ 1,17
LAMPIRAN 5

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Lembar Penilaian laporan tentang nilai – nilai dalalm Dinamika Perjuangan Mempertahankan NKRI
Nama/ Kelompok        : .................................
                                    : …………………….
                                    : …………………….
Kelas                           :  IX
Materi Pokok               : Nilai-nilai yang terkandung dalam perjuangan mempertahankan NKRI

N0
Aspek Penilaian
Penskoran


1
2
3
4
A.
Penyajian




1
Ide/gagasan




2
Kreativitas




3
Kesesuaian dengan materi





Jumlah Skor


Skor Akhir


Komentar Guru
Tanda Tangan











1.   Pedoman Penskoran (rubrik) :

No
Aspek
Penskoran
1
Ide/gagasan
Skor 4, apabila sesuai materi/konsep
Skor 3, apabila cukup sesuai materi/konsep
Skor 2, apabila kurang sesuai materi/konsep
Skor 1, apabila tidak sesuai materi/konsep
2
Kreativitas
Skor 4, apabila menampilkan ide-ide unik dan kreatif
Skor 3, apabila cukup menampilkan ide-ide unik dan kreatif
Skor 2, apabila kurang menampilkan ide-ide unik dan kreatif
Skor 1, apabila tidak menampilkan ide-ide unik dan kreatif

2.       Kriteria ketuntasan belajar: 2,67

3.      Kategori nilai keterampilan peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun 2014 yaitu:
A      : Apabila memperoleh skor akhir 3,85 > x ≥ 4,00
B-           : Apabila memperoleh skor akhir 3,51 > x ≥ 3,84
B+     : Apabila memperolah skor akhir 3,18 > x ≥ 3,50
B       : Apabila memperoleh skor akhir 2,85 > x ≥ 3,17
B-     : Apabila memperoleh skor akhir 2,51 > x ≥ 2,84
C+     : Apabila memperoleh skor akhir 2,18 > x ≥ 2,50
C       : Apabila memperoleh skor akhir 1,85 > x ≥ 2,17
C-     : Apabila memperoleh skor akhir 1,51 > x ≥ 1,84
D+    : Apabila memperoleh skor akhir 1,18> x ≥ 1,50
D      : Apabila memperoleh skor akhir 1,00 > x ≥ 1,17


0 komentar: