Lampiran Instrumen Penilaian
LAMPIRAN
LAMPIRAN 1A
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A. Lembar
Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
IX
Semester : 2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2015
Periode Pengamatan : Tanggal ……. s.d. .......
Butir Nilai : Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Indikator Sikap :
1.
Berdoa
sebelum dan sesudah pelajaran.
2.
Mengucapkan salam
pada awal dan akhir pelajaran
3.
Bersyukur atas
nikmat karunia Tuhan Yang Maha Esa
4
= apabila
SELALU, maka melakukan 6-7 kali aspek yang diamati
3
= apabila SERING, maka
melakukan 4-5 kali aspek yang diamati
2
= apabila KADANG-KADANG, maka
melakukan 2-3 kali aspek yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH, maka
melakukan 0-1 kali aspek yang diamati
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor Indikator Sikap
Spiritual
(1 – 4)
|
Jumlah Perolehan
Skor
|
Skor Akhir
|
Tuntas/Tidak Tuntas
|
||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
|||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
Dst.
|
..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,
LAMPIRAN 1B
PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR SIKAP SPIRITUAL
1. Rumus Penghitungan Skor
Skor Akhir =
|
Jumlah Perolehan Skor
|
x4
|
Skor Maksimal
|
Skor Maksimal=
Banyaknya Indikator
x 4
2. Kriteria
ketuntasan belajar: 3,00 (B)
3. Kategori nilai
sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun 2014 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila
memperoleh Skor
Akhir: 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 3,00
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 2,00
Kurang (K) : apabila
memperoleh SkorAkhir: 1,00
LAMPIRAN 2A
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A. Lembar
Observasi
LEMBAR OBSERVASI 1
Kelas :
IX
Semester : 2 (dua)
TahunPelajaran :
2015
Periode Pengamatan : Tanggal ……s.d. .......
Butir Nilai : Toleransi
Indikator Sikap :
1. Tidak mengganggu
teman yang berbeda pendapat
2. Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
3. Tidak memaksakan
pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
4
= apabila
SELALU, maka melakukan 6-7 kali aspek yang diamati
3
= apabila SERING, maka
melakukan 4-5 kali aspek yang diamati
2
= apabila KADANG-KADANG, maka
melakukan 2-3 kali aspek yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH, maka
melakukan 0-1 kali aspek yang diamati
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor Indikator Sikap
Toleransi
(1 – 4)
|
Jumlah Perolehan
Skor
|
Skor Akhir
|
Tuntas/Tidak Tuntas
|
||||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
|||||||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
6.
|
|||||||||
7.
|
|||||||||
8.
|
|||||||||
9.
|
|||||||||
10.
|
Dst..
|
||||||||
..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,
LAMPIRAN
2B
PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR NILAI SIKAP SOSIAL
1. Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor Akhir =
|
Jumlah Perolehan Skor
|
x4
|
Skor Maksimal
|
Skor Maksimal=
Banyaknya Indikator
x 4
2. Kriteria
ketuntasan belajar: 3,00 (B)
3.
Kategori
nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun 2014
yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila
memperoleh Skor
Akhir: 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 3,00
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 2,00
Kurang (K) : apabila
memperoleh SkorAkhir: 1,00
LAMPIRAN 3A
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A. Lembar
Observasi
LEMBAR OBSERVASI 1
Kelas :
IX
Semester : 2 (dua)
TahunPelajaran :
2015
Periode Pengamatan : Tanggal ……s.d. .......
Butir Nilai : Tanggung jawab
Indikator Sikap :
1. Melaksanakan tugas individu dengan baik
2. Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3. Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
4
= apabila
SELALU, maka melakukan 6-7 kali aspek yang diamati
3
= apabila SERING, maka
melakukan 4-5 kali aspek yang diamati
2
= apabila KADANG-KADANG, maka
melakukan 2-3 kali aspek yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH, maka
melakukan 0-1 kali aspek yang diamati
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor Indikator Sikap
Disiplin
(1 – 4)
|
Jumlah Perolehan
Skor
|
Skor Akhir
|
Tuntas/Tidak Tuntas
|
||||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
|||||||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
6.
|
Dst..
|
||||||||
..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,
LAMPIRAN
3B
PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR NILAI SIKAP SOSIAL
1. Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor Akhir =
|
Jumlah Perolehan Skor
|
x4
|
Skor Maksimal
|
Skor Maksimal=
Banyaknya Indikator
x 4
2. Kriteria
ketuntasan belajar: 3,00 (B)
3. Kategori nilai
sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun 2014 yaitu:
Sangat Baik (SB) : apabila
memperoleh Skor
Akhir: 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 3,00
Cukup (C) : apabila memperoleh Skor
Akhir: 2,00
Kurang (K) : apabila
memperoleh SkorAkhir: 1,00
LAMPIRAN
4
INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
(DAFTAR
PERTANYAAN)
A. Petunjuk
Pengisian
Kerjakan
soal-soal di bawah dengan benar. Jawaban Anda akan
mendapatkan skor 0 sampai 4, dengan ketentuan
sebagai berikut:
1.
Skor terendah
adalah 0, yaitu apabila tidak ada satu pun jawaban yang benar
2.
Skor tertinggi
adalah 4, yaitu apabila semua jawaban benar
3.
Setiap jawaban akan
mendapatkan skor sesuai
dengan kadar jawabannya
B. Soal
a. Uji
Kompetensi 1.1
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Dimanakah
terjadinya peristiwa APRA?
2. Strategi
apakah yang digunakan untuk menumpas DI/TII?
3.
Berapakah operasi militer yang digunakan pemerintah dalam penumpasan
PRRI/Permesta?
4. Apakah
penyebab munculnya gerakan separatis pada masa demokrasi liberal?
5.
Bagaimanakah perjuangan mempertahankan integrasi Timor Timur dengan Indonesia?
6. Nilai
nilai apa saja yang ada dalam perjuangan mempertahankan NKRI?
Kunci Jawaban dan Pedoman
Penskoran
Uji
Kompetensi 1.1
No Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Terjadinya peristiwa APRA
Di Bandung
|
10
|
2.
|
Strategi penumpasan DI/TII
Strategi pagar betis
|
10
|
3.
|
Operasi militer penumpasan PRRI/Permesta
Terdapat enam operasi militer
|
10
|
4.
|
Penyebab munculnya gerakan separatis pada masa
demokrasi liberal
Banyaknya partai politik yang beroposisi kemudian
saling menjatuhkan
|
15
|
5.
|
Perjuangan mempertahankan integrasi Timor Timur
dengan Indonesia
Perjuangan yang dilakukan Indonesia adalah dengan
mengadakan program pembangunan sarana dan prasarana di Timor Timur
|
20
|
6.
|
Nilai
yang muncul dalam perjuangan mempertahankan NKRI yaitu nilai :
a. Nilai material : Yaitu dengan cara kita menjaga kesehatan dan fisik
agar dapat berguna bagi bangsa dan negara. Hal itu dapat dilakukan dengan
cara menjaga kesehatan serta nurani kita agar siap dalam menghadapi segala
gangguan ancaman yang datang dari dalam atau luar negeri.
b.Nilai Vital :Yaitu dengan cara mengambil sikap
pratiotisme para pahlawan ,semangat para pahlawan dan Negara dalam bela
Negara Indonesia. Hal itu dapat dilakukan dengan ikut berpartisipasi langsung
dalam perjuangan Negara Indonesia. Salah satu sikap yang bias diwujutkan
dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan cara ikut menjadi angota Tentara
Nasional Indonesia , atau dengan cara berjuang dengan cara kita sendiri untuk
mengabdi dan berjuang demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.
c. Nilai kerohanian : yaitu dengan cara kita bersyukur
atas karunia yang diberikan tuhan yang maha esa atas karunia yang diberikan
kepada Indonesia, sehingga bisa menghadapi tantangan yang ada di Indonesia
samapai saat ini .
|
35
|
a. Pedoman Penskoran
Total
Skor 

b.
Kriteria
ketuntasan belajar: 2,67
c.
Kategori
nilai pengetahuan peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun 2014 yaitu:
A : Apabila
memperoleh skor akhir 3,85 > x ≥ 4,00
A-
: Apabila memperoleh skor akhir 3,51 > x ≥
3,84
B+ : Apabila
memperolah skor akhir 3,18 > x ≥ 3,50
B : Apabila
memperoleh skor akhir 2,85 > x ≥ 3,17
B- : Apabila
memperoleh skor akhir 2,51 > x ≥ 2,84
C+ : Apabila
memperoleh skor akhir 2,18 > x ≥ 2,50
C : Apabila
memperoleh skor akhir 1,85 > x ≥ 2,17
C- : Apabila
memperoleh skor akhir 1,51 > x ≥ 1,84
D+ : Apabila
memperoleh skor akhir 1,18> x ≥ 1,50
D : Apabila memperoleh skor akhir 1,00 > x
≥ 1,17
LAMPIRAN 5
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Lembar Penilaian laporan
tentang nilai – nilai dalalm Dinamika Perjuangan Mempertahankan NKRI
Nama/
Kelompok :
.................................
:
…………………….
:
…………………….
Kelas : IX
Materi
Pokok : Nilai-nilai yang
terkandung dalam perjuangan mempertahankan NKRI
N0
|
Aspek
Penilaian
|
Penskoran
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
A.
|
Penyajian
|
||||
1
|
Ide/gagasan
|
||||
2
|
Kreativitas
|
||||
3
|
Kesesuaian
dengan materi
|
||||
Jumlah
Skor
|
|||||
Skor
Akhir
|
|||||
Komentar
Guru
|
Tanda
Tangan
|
||||
1.
Pedoman Penskoran (rubrik) :
No
|
Aspek
|
Penskoran
|
1
|
Ide/gagasan
|
Skor 4, apabila sesuai materi/konsep
Skor 3, apabila cukup sesuai materi/konsep
Skor 2, apabila kurang sesuai materi/konsep
Skor 1, apabila
tidak sesuai materi/konsep
|
2
|
Kreativitas
|
Skor 4, apabila menampilkan ide-ide unik dan
kreatif
Skor 3, apabila cukup menampilkan ide-ide unik dan
kreatif
Skor 2, apabila kurang menampilkan ide-ide unik dan
kreatif
Skor 1, apabila tidak menampilkan ide-ide unik dan
kreatif
|
2.
Kriteria
ketuntasan belajar: 2,67
3.
Kategori
nilai keterampilan peserta didik didasarkan pada Permendikbud No. 104 Tahun
2014 yaitu:
A : Apabila
memperoleh skor akhir 3,85 > x ≥ 4,00
B-
: Apabila memperoleh skor akhir 3,51 > x ≥
3,84
B+ : Apabila
memperolah skor akhir 3,18 > x ≥ 3,50
B : Apabila
memperoleh skor akhir 2,85 > x ≥ 3,17
B- : Apabila
memperoleh skor akhir 2,51 > x ≥ 2,84
C+ : Apabila
memperoleh skor akhir 2,18 > x ≥ 2,50
C : Apabila
memperoleh skor akhir 1,85 > x ≥ 2,17
C- : Apabila
memperoleh skor akhir 1,51 > x ≥ 1,84
D+ : Apabila
memperoleh skor akhir 1,18> x ≥ 1,50
D : Apabila memperoleh skor akhir 1,00 > x
≥ 1,17
0 komentar:
Post a Comment