Raja Ampat Surga Papua





Pesona Raja Ampat, Pulau Surga Di Bumi Cenderawasih

Oleh William Adri Sigarlaki,S.Pd.,Gr






    Tanah Papua tanah yang kaya surga kecil jatuh ke bumi Seluas tanah sebanyak madu adalah harta harapan… sepenggal lirik lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asli papua Edo Kondologit ini sudah jelas menggambarkan bagaimana keindahan pulau papua khususnya  keindahan alam lautnya yang telah menjadi 10 perairan terbaik di dunia karena kelengkapan flora dan fauna bawah airnya.
       Saya teringat akan kisah perjalanan pengabdian saya mengajar di daerah terpencil sebagai guru SM-3T dari Universitas Negeri Manado di Pulau Papua pada bulan September 2013 sampai bulan Agustus 2014 lalu, tepatnya di Propinsi Papua Barat Kabupaten Sorong Selatan Distrik Inanwatan bersama-sama dengan rekan seperjuangan SM-3T dari Universitas Negeri Malang dan Gorontalo. Sebelumnya, tak pernah terpikirkan bahwa saya bisa menginjakkan kaki di bumi Papua.
        Hanya karena tugas dan pekerjaan sebagai guru SM-3T akhirnya saya berkesempatan menengok eksotisme pulau Papua khususnya di kepulauan Raja Ampat. Ini bisa dibilang sebagai hadiah atas pengabdian di tanah papua sehingga saya dapat mengunjungi indahnya pesona Raja Ampat yang kebanyakan orang menyebutnya sebagai pulau surga yang ada di bumi Cenderawasih. Bersama dengan 8 teman SM-3T kami mengunjungi pulau raja ampat yang perjalannya dari kota sorong menggunakan kapal menempuh waktu hampir 4 jam hingga tiba di pelabuhan waisai raja ampat.

     Di pulau ini kita akan sangat takjub atas Karunia Tuhan yang sungguh indah dimana kita telah disuguhkan oleh pemandangan yang luar biasa indahnya, yakni pulau pulau kecil disekitar kepulauan Raja Ampat, pasir pantai yang bewarna putih, air laut yang bewarna biru kehijauan, bukit bukit yang cantik, keindahan pulau Arborek yang merupakan tempat berkumpulnya ikan-ikan jenis Nemo sehingga banyak wisatawan baik dalam dan luar negeri yang sering diving ataupun snorkling di tempat ini, flora dan fauna seperti merak serta berbagai macam anggrek dan yang paling menakjubkan dari wisata ini adalah wisata alam bawah lautnya yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Ketika kita diving maka mata kita akan di manjakan oleh pemandangan bawah laut yang luar biasa, seperti halnya karang karang keras, keanekaragaman flora dan faunanya yang tak terhingga.

         Selain wisata bawah air dan pemandangannya yang sangat indah, Raja Ampat juga menyuguhkan pesona tentang peninggalan prasejarah dan sejarah yang tidak kalah menariknya, Seperti halnya di daerah pulau Misool dimana ditemukannya peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang tertempel di dinding-dinding pada batu karang yang oleh para ahli memperkirakan usia cap cap tangan itu berusia 50.000 tahun  yang mana ini menjadi sebuah bukti salah satu dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat Nusantara menuju Papua dan Melanesia, kemudian kita juga bisa mengunjungi sisa pesawat karam bekas peninggalan Perang Dunia II di beberapa tempat penyelaman di kawasan Raja Ampat seperti di Pulai Wai. Akses menuju tempat inipun tidak sulit, akomodasi di kawasan Raja Ampat juga sudah tersedia cukup banyak karena sempat dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan sail. Inilah keindahan Raja Ampat sesungguhnya yang patut dibanggakan sebagai aset kita sebagai bangsa Indonesia.(*)

0 komentar: